petromaks

Nederland lawan Argentina

Posted in Pendapat by Hendrixus Rumapea on 20 June 2006

Lusa dini hari (21/06) waktu lokal Jakarta, pertandingan yang dinanti-nanti akan disuguhkan: Belanda kontra Argentina.
Kedua timnas sudah sama-sama mengantongi angka 6 setelah mengalahkan dua tim kuda hitam: Serbia Montenegro dan Pantai Gading.

Argentina, timnas bertabur bintang ini, sedang berada di puncak performansinya. Tak tanggung-tanggung timnas Serbia Montenegro dipecundangi dan diajarin maen bola dengan kedudukan 6-0.

Sementara Laskar Oranye, setelah bersusah bertahan akhirnya mampu menahan Pantai Gading dengan 2-1. Van Persie membuka kemenangan dengan gol cantik dari bola mati yang ditembakkan ke sudut kiri gawang Tizié. Tak lama berselang, van Nistelrooij berhasil membebaskan diri dari offside dan menyempurnakan kemenangan dengan tendangan kerasnya.

Menghadapi Argentina, saya menjadi lebih tenang. Pasukan Oranye sudah pasti ke fase selanjutnya. Pertandingan lusa hanya menentukan siapa yang terbaik di grup maut C.

Apa yang menarik di laga Piala Dunia ini? Yang patut dipertimbangkan adalah menghapus kepongahan nama besar. Tim Oranye harus mampu memompa performansi setiap pemain di semua lini. Nama besar Nistelrooij di Man. United tidak menunjukkan hasil yang sebanding saat laga perdana. Tak heran bila Meneer Basten menariknya dan mengganti dengan Dirk Kuijt.

Tiliklah timnas lain, Zidane belum mampu mendongkrak angka bagi Prancis. Atau Ronaldo yang bermain ‘manja’ mampu dimandulkan defender Australia dan harus rela digantikan oleh striker muda Robinho.

Walau belum seratus persen sempurna totaalvoetbal, tapi timnas Belanda telah pulih kekompakannya saat menantang Pantai Gading. Lubang di pertahanan harus segera dibenahi.

Menghadapi Argentina besok saya mendukung sepenuhnya Meneer Basten untuk mengistirahatkan pemain-pemain yang terkena kartu kuning.

Berdasarkan formasi saat latihan, blog khusus timnas Belanda mewartakan bahwa (kemungkinan) susunan pemain saat berduel melawan Argentina adalah:

Penjaga Gawang
Edwin van der Sar (Man. United)
Pemain Bertahan
Jan Kromkamp (Liverpool) atau Kew Jaliens (AZ)
Joris Mathijsen (AZ) atau Khalid Boulahrouz (Hamburger SV)
André Ooijer (PSV)
Tim de Cler (AZ)
Pemain Tengah
Rafael van der Vaart (Hamburger SV)
Phillip Cocu (PSV)
Wesley Sneijder (Ajax) atau Hedwiges Maduro (Ajax)
Pemain Depan
Robin van Persie (Arsenal)
Ruud van Nistelrooij (Man. United)
Dirk Kuijt (Feyenoord)

Akankah Laskar Oranye mampu menandingi kehebatan timnas Argentina tanpa kehadiran si tukang gocek Arjen Robben?
Mampukah van Persie menunjukkan kemampuannya di depan “Dewa Sepakbola” Maradonna?

Saya tetap mendukung Jongen de Oranje. Tak tanggung-tanggung, dua-bungkus martabak durian menjadi pertaruhan. Meskipun Belanda tampil tanpa diperkuat tim utamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: