petromaks

Tim Oranye Harus Bermain Efektif

Posted in Pendapat by Hendrixus Rumapea on 23 June 2006

Bermain imbang kontra "La Albiceleste" Argentina bukan hasil yang sempurna. Namun hasil ini cukup untuk menjinakkan supporter Argentinos yang haus untuk mengejek. Tak hanya bebas dari celaan tapi seporsi nasi campur Bakmi Babat Senen siap masuk ke pencernaan dan martabak durian juga bakal hadir di pertemuan nonton bareng yang akan datang.

Kata pendukung Argentina: "Laga Belanda-Argentina hanya sekedar pertandingan ecek-ecek. Pemanasan untuk tahap 16 besar, maklum kedua tim telah memastikan posisi untuk lolos."

Tabloid Bola menulis bahwa Basten berkelakar hasil 0-0 ini untuk menjaga keharmonisan Keluarga Kerajaan Belanda. Maklum Putri Maxima, istri Pangeran William Alexander, lahir di Buenos Aires, Argentina. Ada-ada saja!

Lebih riil lagi hasil ini membawa Tim Oranye ke pertandingan bintang yang menakutkan melawan Tim Eurobrasil Portugal.

Bola tetaplah si kulit bundar yang bulat. Setiap tim sama peluangnya untuk memenangkan pertandingan. Peluang semakin terbuka lebar karena tidak ada satu orang pun pemain yang cidera. Selain itu 5 pemain yang terkena dosa kartu kuning telah dipulihkan.

Perlu Efektivitas Bermain

Força Nederland, selamat datang di stage knock-out-time.

Bermain tanpa tertimpa kekalahan membuat tim kita sedikit merasa di atas angin. Bolehlah sejenak tenang sambil menikmati lumernya martabak durian di mulut.

Pembenahan di sektor pertahanan (sangat vital) telah terlihat hasilnya. Boulahrouz –the cannibal– mampu menerjemahkan instruksi Basten dan mematikan kekuatan penyerang Argentina. De Cler mengawal ketat setiap pergerakan.

Patut dipuji individual skill La Selección memang di atas rata-rata. Meski sudah di-marking tetap saja mampu menembak ke mistar sang kapten van der Sar.

Mengapa efektivitas penting bagi Tim Oranye? Ini hasil pengamatan saya dalam 90 menit laga lawan Argentina. Secara kalkulasi ilmiah, Belanda menguasai bola (ball possession) 57%. Sayang efektivitas sangat kurang! Peluang-peluang gol justru lebih banyak dimiliki tim Argentina.

Mengacu pada efektivitas ini dan dari kabar selentingan, wajar bila Basten berencana mencoba Dirk Kuijt menjadi starter menggantikan Ruudtje. Kuijt seorang pekerja keras dan mampu memerankan dengan baik lakon Robben menyerang dari sayap kiri.

Marco van BastenLaga Portugal-Belanda akan dilangsungkan hari Minggu. Saya sangat berharap ini bukan tulisan saya terakhir di blog ini tentang Belanda. Fase sistem gugur ini memang menakutkan sekaligus bakal mendebarkan jantung.

Meneer Basten pasti telah menyusun strategi dan taktik terbaik. Perseteruan antar pelatih juga sangat vital. Mampukah debutan a la Marco Basten melumpuhkan pola permainan versi pelatih kelas juara dunia Scolari?

Pemain Portugal yang bakal jadi seteru adalah kelas wahid, jauh di atas kemampuan Tim Argentina "B" yang diisi Messi, Tevez dan Saviola. Pertandingan kelas dunia akan dihadirkan akhir pekan ini.

Saya akan berteriak untuk Belanda: "VAMOS ORANJINA"

Catatan: Foto Meneer Marco van Basten diambil dari http://www.immi.jeugdkerk.nl/upload/pic517.jpg

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. andy said, on 23 June 2006 at 10:02 am

    Ya ya ya ya ya…. tertawalah selagi belum menangis…..
    Aku kira PORTUGAL tidak akan mudah dikalahkan…. DECO sang jenderal akan saling bertempur dengan lapangan tengah Belanda…
    Portugal adalah batu karang yang teguh untuk ditembus Belanda….

    Kuharap kita bisa bertemu di Final…..

    Lionel Argentinos

    Andy Siahaan

  2. mae said, on 31 July 2007 at 9:31 am

    komentar saya. tolong cerita agak lebih menantang sepert world mysterios ciptaan dipta. karna saya melihat maaf tulisan anda belum terbuka dan masih ada ganjalan. maaf bukannya saya membanding – membandingkan anda yang lain. saya sebagai pembaca setia blog. cerita yang paling bagus dan paling menantang adalah cerita yang menggunakan foto/gambar di tempat kejadian. dan ilustrasi cerita harus bisa meyakinkan orang lain. terima kasih .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: