petromaks

Lupa PIN Paspor BCA

Posted in Peristiwa by Hendrixus Rumapea on 29 August 2006

Ada kata amsal dalam bahasa Inggris yang berkata: “Nobody’s perfect.” Sepertinya kita harus merenungkan apa titik lemah dalam diri masing-masing supaya kelemahan ini jangan menyulitkan di lain waktu.

Bila kita diinterpiu sama HRD di sebuah perusahaan entah-apa-pun itu umumnya ibu atau bapak interviewer bertanya: “Apakah kelemahan anda!” Vital bagi seorang HRD (saya nggak suka sama org HRD :)) Interviewer pasti ingin mengetahui bagaimana kita mampu berkonfrontasi mengalahkan kelemahan itu.

Nah… sekarang saya mau bercerita kelemahan fatal akibat kemampuan memori otak yang terbatas ini. Mungkin sudah build-up dari orok otak saya tidak mampu untuk menyimpan angka-angka dengan baik. Entah susah dalam sistem enkripsi atau emang otak ini tak kompetibel untuk menyimpan data berbasis angka. Tak tahulah!

Kelemahan fatal ini mulai muncul ke permukaan saat SMU baheula, saya sering lupa nomor telepon yang sudah dikasih teman. Tak heran bila nelpon tiba-tiba saya bingung sebab salah nomor tujuan. Yang paling sering kombinasi urutan angka bertukar secara tiba-tiba dan acak lalu saya tidak ingat lagi mana nomor yang sebenarnya. Misalnya nomor telepon XXXX1453 entah kenapa tiba-tiba jadi kacau lalu serba bingung mencoba mengingat XXXX1354 atau 1543 serta banyak kombinasi lain. Namun problem ini terselesaikan dengan membuat catatan, asal dikasih nomor telepon awak langsung mencatat dan menyimpan dalam dompet (belum punya handphone zaman dulu).

Pas kuliah otak saya dipaksa untuk menghapalkan 6 angka sebagai numerik sandi kartu ATM. Biasanya orang tua dulu mentransferkan jatah hidup bulanan ke rekening Bank Bali (sekarang Bank Permata), tapi berhubung pihak kampus juga menyediakan rekening KTM/ ATM untuk autodebet SPP di BNI maka dompet pun menyimpan dua kartu debet.

Entah kenapa, pertama kali diberikan ke saya KTM/ATM dari BNI ini tidak memperolehkan untuk mengganti PIN (heran??). Maka dayaotak yang terbatas ini dipaksa untuk mengingat 6 angka ajaib untuk narik duit ini. Untungnya ATM Bank Bali memfasilitasi penggantian PIN, maka biar simpel ke dua kartu ini saya kasih nomor PIN yang sama. Beres urusan!

Masuk era pakai handphone, lebih memudahkan untuk menyimpan data-data nomor telepon teman dan keluarga. Kertas buku telepon segera diusir dari dalam dompet. Namun pernah juga datang kendala saat saya harus pontang-panting mengumpulkan nomor telepon yang baru sebab handphone “disumbangkan” dengan tidak rela ke pencopet di KRL Jabotabek.

Kembali ke urusan PIN, karena kelemahan mengingat angka-angka ini maka sejak saya punya rekening bank berkartu ATM, otomatis saya hanya punya satu PIN saja.

Saat sudah lagi menjadi nasabah Bank Bali dan ganti ke Bank Niaga, PIN tetap sama. Bank Niaga juga gak aktip, saldonya minim dan beralih ke BCA, PIN-nya pun tetap sama.

ATM BCASaya menjadi nasabah tidak setia BCA (soalnya dananya selalu cekak) sejak November 2003, saat memulai menjadi engineer-gagal di Pulau Bintan. BCA hanya untuk memudahkan menerima uang gaji lalu mengambilnya di anjungan tunai, cuma itu! Berhubung saya tidak pernah menyetor apalagi mem-print semua transaksi maka buku rekening BCA KCP Lobam, Pulau Bintan itu hilang entah kemana.

Bodohnya lagi, saya masih setia mempertahankan akun itu sampai akhir bulan kemarin. Nomor akun itu selalu saya berikan kepada perusahaan-perusahaan baru yang merekrut, tentu saja dengan dalih malas membuat akun baru.

Sejauh ini tidak pernah ada kendala dengan nomor akun ini, maklum tugasnya cuma sekedar penampungan sementara. Mendekati tanggal tua, melomponglah saldonya menunggu diisi ulang oleh orang accounting.

Musibah datang selagi pulang ke Medan, 2 minggu yang lalu. Berhubung kantong telah menipis akibat makan mie cina, beli durian dan macam-macam makanan yang liwat serta mengundang selera, maka saya pun pergi ke kantor+ATM BCA (jauh banget dari rumah) di wilayah Medan Plasa untuk menambah pundi-pundi. Apa daya tiba-tiba saya lupa total nomor PIN itu. Sesudah 2 kali mencoba saya GUGUP. Kacau, bingung, frustasi!

Tinggal satu kesempatan lagi, kalau nggak kartu ditelan mesin. Untuk menjaga supaya kartu tak-raib maka saya menggunakan mesin non-tunai yang cuma dipindai lalu diambil lagi. Saya coba. GAGAL. Otak saya BLANK. Tidak ingat sama sekali.

Saya melapor ke layanan nasabah, minta blokir dibuka. DITOLAK. Alasannya tidak punya buku rekening. Untung bawa KTP terus dengan terus merayu akhir, Nona Customer Service itu menyerah dan mau membuka blokir tetapi baru efektif besok pagi.

Malamnya saya merenung, mencari ilham dan mengingat-ingat angka keramat itu. Muncul 3 kombinasi 6 angka PIN itu. Setelah memutuskan pilihan, besok saya coba lagi ke ATM BCA. Hasilnya TETAP GAGAL. Rekening BCA terblokir, uang di kantong pun kosong.

Mau ngutang ama ortu, malu banget… bukannya ngasih duit malah minta. KACAU!!!

Untung masih punya rekening di Bank Mandiri, namun berhubung lama tidak digunakan saldo udah dibatas minimum. Syukurlah Bank Mandiri cuma mengharuskan nasabahnya mengingat 4 angka PIN. Maka saya merenung lagi mencari 4 angka PIN ini yang sama dengan 4 angka PIN ATM BCA.

Syukurlah tiba-tiba ingatan pulih, secara mendadak angka itu muncul ke otak. Namun saya masih ragu. Setelah berkonsultasi dengan CS Mandiri Cabang USU, saya mencoba PIN ke alat pindai di teller. FYI, untuk kali ini juga cuma sekali kesempatan, sebab sehari sebelumnya saya juga telah mencoba 2 kali ke ATM Mandiri Medan Plasa dan GAGAL.

Sekali kesempatan Bung! Mirip macam adegan DA VINCI CODE aja pas di Bank Swiss. He..hee!

Dan berhasil. Akhirnya punya rekening yang bisa aktif. Setelah itu lebih gampang, tinggal minta pada somebody untuk ditransfer. UTANG dulu tentunya… nanti urusan lain akan diselesaikan di Jakarta. Tiket pulang pun dapat dibeli dan bisa makan enak lagi di Medan.

Sampai di Jakarta, urusan rekening ini makin ribet. Pihak BCA tidak mau membuka blokir rekening, padahal saya sudah ingat nomer PIN itu. Alasannya gara-gara tak punya bukti kepemilikan rekening itu: hanya bisa dibuktikan dengan buku tabungan!

Yang lebih anehnya lagi, pihak BCA menyarankan untuk datang ke kantor asal untuk membuka blokir dan meminta buku rekening baru. SINTING! Sama saja menghabiskan seluruh isi rekening itu dan tentu saja membuang waktu harus pergi ke Lobam, Pulau Bintan.

Dengan sedikit berdebat, CS-nya menyerah dan menyarankan minta bukti kehilangan ke kepolisian. Setelah itu semua bukti dan kartu ATM akan dikirim ke BCA KCP Lobam untuk penutupan rekening tsb dan semua saldo akan ditransfer ke rekening baru yang saya buat di kantor tempat mengadu itu.

Sudah efektif 4 hari kerja dan saldo saya masih melompong belum ada berita baik kapan duit itu dipindahbukukan.

Tadi saya menghadap kembali ke CS. Katanya sih sekitar seminggu baru kelar. Gerakan penghematan harus segera dimulai, maklum gajian juga paling tanggal 5 bulan depan.

Btw, ada yang punya tips n trik nggak untuk mengingat angka?

Solusi saya sih: mungkin kita butuh rekan tepercaya (boleh pacar, boleh istri atau adik) untuk mengingat nomer PIN ATM. In case, kita tiba-tiba lupa tinggal tanya rekan tersebut untuk membantu. Yaa… semacam backup data dalam istilah komputer.

Akhirnya: “Nobody’s perfect.” Meski seorang jebolan bangku kuliah berijazah (tentunya bukan dengan membeli), saya tetap sulit menghapal 6 angka.

23 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. oQ said, on 29 August 2006 at 6:26 am

    Jelas ada caranya:
    jangan menghapal angka, ingat di tombol ATM BCA di setiap angka ada sedikitnya 3 atau 4 hurup yang mewakilinya.
    Contohnya :
    buat PIN yang mudah diingat :
    4 angka : BABI = 2222
    6 angka : MONYET = 666938
    11 angka : ICUSKAMBING = 42875262464
    angka sampai takhingga : ICUSKAMBINGBANDOTDEMENAMAKAMBINGDIBEDAKIN = 42875262464226368336362625262464342332546
    kita lebih mudah untuk mengingat kata bukan ? dan tombol tombol itu sudah desain untuk memudahkan kita… cuma kita kita aja gak tau…

  2. yeni said, on 29 August 2006 at 6:33 am

    ugh…. susah banget yak, Cus?

    btw, kan sekarang hampir semua bank dah memfasilitasi ganti PIN (termasuk BNI), kenapa ga diganti aja nomor PIN lo dengan rentetan angka yang lebih mudah diingat?

  3. aa said, on 2 October 2006 at 5:48 am

    iyah, misalkan nomor2 yang ada kaitannya dengan teman kampus yang enggak bisa lu lupain😀

  4. Masim "Vavai" Sugianto said, on 8 February 2007 at 7:55 am

    Karena saya kerja di bagian IT dan pernah tersesat menggunakan produk bjkn😛, saya sampai hapal serial number yang 25 huruf. Mulai dari serial number Windows 98, Windows 2000, Office 97, 2000, Office XP, Visual Basic dll. Windows XP saya tidak hapal karena keburu insyaf pakai Linux.

    Saran saya, kalaupun pin dicatat di handphone (sangat tidak disarankan), sebaiknya disamarkan. Misalnya, jangan tulis : PIN BCA. Singkat-singkat dan kacaukan saja, misalnya : Becak (untuk BCA). Terus, nomornya dikacaukan juga, misalnya 2 digit awal dan 2 digit akhir ada penambahan angka kacau yang pasti kita ingat.

    Kalau memag benar-benar pelupa ya agak sulit. Cobalah analogikan angka tersebut dengan kata-kata yang mudah diingat. Tuh, komen pertama bisa jaid masukan😛

  5. madthon82 said, on 8 February 2007 at 10:22 am

    pakai gambar di tombol
    huruf x: 159 357
    huruf x laen: 357 159,
    dua yang sejajar 123 789
    atau 147 369
    atau 147 258
    huruf t: 123 258
    elll: 147 789
    kalo saya paling gampang tgl lahir dibalik (tapi saya nggak pake ini)

    susah bener ya?

  6. van joel demang said, on 14 November 2007 at 5:24 am

    hehe.. ternyata kasus kmu sama dengan saya, kejadian ini baru 2 hari kemaren saya alami, gara-gara lupa Pin akibatnya ke blok ama BNI, yang ribetnya lagi saya di over sea terpaksa bokap yang ngurusin ni semua. Nah tadi malam saya nyoba lagi kali aja bisa, eh sekarang di blok ntuk ke dua kali :(( terpaksa dah bokap ngadep ke menir di BNI. Huh.. apes2x karena sama sekali udah lupa ama PIN sebab keseringan baca buku sejarah yang banyak tahun2x nya :((

  7. zoxin said, on 18 June 2008 at 8:15 pm

    kambing kamu laki apa perempuan

  8. raffy said, on 19 August 2008 at 12:36 pm

    saya lupa no.pin bank bca saya,gmn nihhh caranya….

  9. piss said, on 23 September 2008 at 2:34 am

    tau urus aja ndiri

  10. Rie..Rie said, on 14 October 2008 at 10:14 am

    Aduh binun neh!!!
    Ak baru pertama kali neh yg namanya buka tabungan di bank,kbetulan ak buka tabungan di bank BNI.Dan ak juga bru pertama kali kenal dg namanya ATM.Setelah melalui proses dan ketentuan2 yg berlaku akhirnya ak resmi jd nasabah di bank BNI.Dan kartu ATM ak bru bisa diambil satu minggu kemudian.Yang bkin ak bingung sampe dirumah ak ditanya ma ortu berapa n0mer PIN ak???Ak langsung kaget karena ak tidak tau berapa n0mer PIN tabungan ak.Krn CS nya tidak memberitahukan perihal tersebut,dan ak pun tidak menanyakan brapa n0mer PIN ku.Jd gimana seh caranya k0q bisa tau n0mer PIN kita???Ak harus gimana?Maklum bru pertama kali..

  11. SUKI said, on 11 December 2008 at 6:12 pm

    GIMANA CARANYA MELIHAT PIN ?

    • ilyas said, on 18 September 2011 at 1:06 pm

      PAKAI MATA?

  12. saldy said, on 21 March 2009 at 11:45 am

    kejadian ini menimpa gw hr ini..gw lupa atm mandiri gw…sdh gprs BB gw jadi kecil krn pakai xl yg dipotong rp 5000/hr?sdh gitu weekend lagi dimana biasa istri ngajak beli ini itu?gw coba sdh 2x kemarin di PIM dan di citos…hr ini kesempatan terakhir..tp masih ngeblank?padahal cuma 4 digit?wah gimana ya?apa hrs panggil Romi rafael ahli hypnotis?biar msk alam bawah sadar???ada pencerahan gak broooooo???

  13. test said, on 27 September 2009 at 11:10 pm

    kalo saya sih ga ada masalah dalam mengingat nomor pin, karena saya punya angka kesayangan yang dari dulu sampai sekarang ga pernah saya ganti-ganti, baik dalam mengisikan password, nomer pin, saya setia dengan angka itu jadi saya dah terlanjur cinta sama tuh angka jadi ga mungkin bisa lupa..

  14. herry said, on 14 May 2010 at 12:08 pm

    aku paling susah nginget angka pdhl di MANDIRI pin atm yg dipake cm 4digit.mgkn pengaruh umur kli ya..dah 2 x ke atm salah trs angka yg gw mskkan..wah gimana ya?pdhl istri hrs dijatah buat blnj bulanan,anak2 susux dah menipis…kacau deh…

  15. feri said, on 9 March 2011 at 5:21 pm

    ingin mencari no pin ATM

  16. alif said, on 30 July 2011 at 7:31 am

    gw jg lupa no pin atm bca gw. makanya nanti gw mau ke kcp terdekat utk buka blokirannya…

  17. Onta said, on 18 November 2011 at 10:55 pm

    Boleh juga sih pake “external HD”, tapi jangan semua digit pin, cukup setengah terakhir/awal saja. Biar lebih seru, kayak melepaskan peluru tak terkendali, hehehehe! Salam kenal dari Onta.

  18. hilman viradhan said, on 5 September 2012 at 9:23 am

    saya lupa kode pin ATM BCA saya,,saya mohon tolong beri bantuan untuk saya….
    terimakasih…..

  19. riyantoro said, on 11 April 2013 at 5:47 pm

    BCA emang ribet, mereka alasannya sih u keamanan
    Saya juga pernah jadi korban tapi dasar males, setelah ngurus ATM terblokir dan buat baru saya tetap menggunakan rekening itu sampe sekarang :hammer:
    Males ngurus pindahan ke rekening laen gajinya hehe

  20. amr said, on 29 April 2013 at 10:32 pm

    mllm nh w bener” bingung.
    No pin mandiri lupa padhal w harus transfer bokap d’jkt.
    Padahal no pin cuma pake 2 jenis angka.
    Pusing 8 keliling.

  21. irva 666 said, on 7 June 2013 at 4:31 pm

    entenya mesti kursus daya ingat bukan kuliah hahahaha peace…!!

  22. uncu said, on 26 November 2015 at 11:15 pm

    lupa pin atm,lupa rek,buku ilang tapi males ke kcp.gmna caranya


Leave a Reply

