petromaks

Mengapa Ada Masalah?

Posted in Artikel by Hendrixus Rumapea on 11 October 2006

Mengapa ada masalah begini rumit? Semua urusan meniban pikiran awak. Dari urusan kantor sampai urusan pribadi, bersatupadu dan berbaur menekan awak.

Akibatnya: ngapa-ngapain pun jadi nggak enak? Makan pun tak berselera, tidur nggak nyenyak dan seluruh aktivitas awak tak tahu mau melakukan apa.

Awak sama sekali tak bisa membuat prioritas untuk menyelesaikan masalah-masalah ini. Sepertinya ada yang salah dalam cara awak menyikapi masalah-masalah ini. Awak jadi grogi plus takut. Kalau gagal, pasti bakal cilaka.

Banyak yang bilang awak pasti bisa mengatasi masalah ini, tapi kok awak sendiri tak yakin. Kacau kali!

Ada yang bilang masalah bisa membuat kita jatuh dan terperosok, tapi masalah juga menjadikan kita kuat dan bertumbuh. Bener sih yang dibilang ini, cuman kok awak pengen segera meng-skip episode hidup yang penuh masalah ini (persis seperti film Click yang dibintangi Adam Sandler).

Ada yang bilang juga lihatlah masalah itu dalam dua sisi (both-side): bila kita memilih cara bodoh membenci masalah itu maka kita tinggal dalam kesia-siaan, -namun bila kita merenungkan masalah itu dan melihat apa kebaikan dibalik ini, kita belajar menjadi dewasa. Tapi kok awak merasa gak kuat ya?

Ada yang bilang lagi, apabila kita jatuh ke dalam masalah yang rumit, anggaplah itu suatu kebahagiaan (gimana bisa?) sebab ujian ini akan menghasilkan ketekunan. Intan dan arang tersusun dari unsur karbon, cuma yang membedakan adalah intan dibentuk dalam tekanan. Hueekkk, kadang mau muntah awak mendengar pengandaian ini.

Ada yang bilang lagi dan lagi, untuk menghadapi masalah mulai rajin berdoa (meminta pertolongan Tuhan). Cik Iwan beberapa waktu yang bercerita: bila kita mengangkat tangan maka Tuhan akan turun tangan, namun bila kita turun tangan maka Tuhan akan angkat tangan.

Ahh… banyak kali petuah bijak buat awak, tapi hati awak saja yang tegar dan bebal. Awak mendengar semuanya itu bak olok-olok.

Berhubung lagi banyak masalah di sini, awak menetapkan diri mulai hari ini (11/10) sampai wiken YM akan awak matikan untuk sementara.

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. jerri said, on 12 October 2006 at 2:46 am

    benar….
    kenapa yah ada masalah?

    si Non juga ga suka masalah tuh…
    bikin pusing kepala aja..

  2. bahrul_bahrul said, on 16 January 2007 at 7:05 pm

    saya lagi , punya masalah dengan staff pegawai yang lama. jadi mentang 2 dia sudah lama ,kerja di ipb menyuruh saya se enaknya saya padahal sudah menyelesaikan pekerjaan ‘saya sendiri.dan pegawai lama tidak mau mengerjakan kerjaan nya sendiri ya, allah berilah hamba .kesabaran yang mendalamdan berilah hamba petunjuk .yang memang baik wassalam

    @rul


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: