petromaks

Pilkada Jakarta Putaran 2

Posted in Artikel by Hendrixus Rumapea on 20 September 2012

Dipetik dari buku Di Bawah Bayang-bayang Adikuasa terbitan tahun 1987:

Wawancara Pak Ali Sadikin pada suatu hari jadi Jakarta dengan Kompas benar-benar air kelapa muda di tengah terik kemarau benggala politik tata kota yang lazim kita kenal di mana pun. Kegembiraan paling besar yang dirasakan Bang Ali selaku gubernur metropol 4,8 juta penduduk ternyata bukanlah karena beliau berhasil membangun Jalan Thamrin sebagai tandingan Avenue des Champs Elyssees, Paris: bukan pula kepuasan membuat monumen-monumen imitisasi Arc de Triomphe melainkan biasa saja: karena dapat melangsir suatu program besar perbaikan kampung yang dapat memberi lingkungan hidup 1.2 juta penduduk tingkat terbawah yang lebih layak. Dalam hal-hal semacam itulah Jakarta pantas dicontoh oleh setiap kota di daerah. Kota-kota di negara-negara yang sedang berkembang punya struktur dan inti probleh lain daripada Berlin, Amsterdam, atau Tokyo. Bahkan Singapura sekalipun, yan cuma berjarak satu setengah jam dari Jakarta, bukan pedoman bagi kita, meski kita dapat belajar dari Singapore City Planning yang unik itu. Soalnya, jelas mayoritas penduduk kota-kota di Indonesia adalah kaum miskin dan lemah.

Fauzi Bowo – Joko Widodo dan Nachrowi Ramli – Basuki T. Purnama

Ini bukan bernostalgia dengan Bang Ali selaku Gubernur Jakarta yang paling fenomenal dalam meletakkan dasar pembangunan metropolitan ibukota. Ini hanyalah menaruh harapan di hari pencoblosan putaran ke-2 pemilihan langsung gubernur DKI Jakarta.

Selamat memilih bagi Warga Ibukota. Semoga lima tahun kedepan Jakarta semakin lebih baik dan beradab buat warganya dan warga komuter di sekitarnya yang keluar-masuk untuk mencari rezeki.

Foto dicuplik dari tribunnews.com << klik >>

Tagged with:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: