petromaks

SMS Hoax

Posted in Pendapat by Hendrixus Rumapea on 11 September 2006

Kemarin (10/09) saya datang ke dua tempat resepsi perkawinan di dua tempa yang berbeda. Yang pertama acara resepsi kakak kelas di kampus bertempat di Manggala Bakti, Senayan dan yang kedua teman kerja-praktik yang resepsinya dilangsungkan di Makodam, disebelah kampus UKI.

Acaranya sama-sama pukul 11 s.d. 13 siang. Jadilah saya membagi waktu setepat mungkin biar bisa menyalami dan mengucapkan selamat buat kedua rekan yang sedang berbahagia ini.

Pulang ke kamar indekos langsung bikin minuman air-jeruk anget untuk mendoping vitamin C ke tubuh. Stamina bakal drop kalo waktu banyak dihabiskan di jalan.

Sambil menikmati aliran air jeruk ke kerongkongan, saya mencek handphone dan mendapati ada pesan yang belum terbaca. Ada kiriman pesan dari mantan teman sekantor bertuliskan:

Mohon doakan Tibo Cs untuk teguhkan dalam hikmat kematian yang dieksekusi tengah malam ini. Teruskan SMS ini ke-10 rekan, jangan sampai putus di tangan Anda. Dr Pastor Niko Dumais

Bah! Emang jadi Tibo dkk dieksekusi mati. Agak penasaran juga awak, kok terlewati berita ini. Langsung menghidupkan tv-tuner dan menyetel MetroTV. Pasti stasiun ini bakal menuliskan strip-news memberitakan kasus nasional ini.

Setelah menunggu-nunggu tak ada juga muncul berita yang dikabarkan oleh sms itu. Menunggu sampai Headline News, teteup juga nggak ada berita itu.

Lalu saya segera mengambil kesimpulan bahwa sms itu adalah berita bohong belaka. Aneh bin ajaib memang, mengapa ada orang yang sampai hati menyebarkan sms bohong. Apalagi untuk berita sensitif seperti ini. Masyarakat-yang-kurang-dewasa-informasi bisa saja panas mendengar berita ini dan mungkin akan melakukan tindakan-tindakan yang kurang patut (mungkin anarkis!).

Apalagi kasus Tibo dkk dalam kerusuhan di Poso masih menjadi perdebatan. Apakah Tibo benar-benar aktor intelektualnya atau ada orang lain yang cuci tangan dari tragedi ini.

Saya juga tidak tahu. Yang pasti tindakan memperkeruh keadaan dengan mengirimkan sms hoax ini sangat tidak terpuji.

Bagi yang menerima sms-sms hoax mending dicek dulu kebenarannya. Jangan asal forward dan hanya menambah keuntungan operator dari setiap sms bohong yang disebarkan.

Mungkin ada baiknya kita mendengarkan lagu remix-dangdut  khas minang yang berjudul “SMS” dari Ria Amelia yang bilang:

Orang salah kirimlah
Orang iseng-iseng lah
Orang salah kirimlah
Orang iseng-iseng lah

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ezra said, on 20 December 2006 at 4:29 am

    Can anyone recommend me?
    I need an free sms service for my homepage.
    I am seeking one with the option to change the design(for a bit).
    Thanks a million!

  2. Chen lee said, on 16 March 2007 at 12:38 pm

    Bergaul dengan banayak orang akan mempermudah anda diterima lingkunggan yang asing, tetapi bergaul dengan seorang hanya mempersulit anda untuk berkomonitas dengan oarang asing.
    Lebih baik memiliki banyak tenan, menyenagkan Hati dari pada memiliki seorang saja sahabat tetapi memakan hati….. mengecewakan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: